Selasa, 31 Januari 2012

Sudah taukah anda!! Safety Riding itu apa???

Safety Riding! ato juga di sebut Safety Driving untuk pegemudi mobil , istilah Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi si pengendara  sendiri maupun orang lain

HAL-HAL YANG PERLU DI PERSIAPKAN

Sarung Tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.


Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.Dan sebaiknya jaket yang akan kita pakai sekukuran dengan tubuh kita



Helm , sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok dan sejenisnya.
          Sebaiknya helm yang akan kita pakai memenuhi standar SNI Atau DOT




PROTEKTOR 

INI salah satu cara untuk menghidar dari kecelakan yang tidak diduga²




Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.
    DAN untuk touring sebaiknya kita memakai sepatu touring yang sekarang sudah banya di jual di toko². kisaran harga 200rbu

Secara umum untuk pelatihan praktek Safety Riding diajarkan:
  • Teknik pengereman, dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti ber-akselerasi.
  • Teknik slalom dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan peserta menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  • Teknik berjalan di lintasan ala bumpy-road, teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang.
  • Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit, berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.
Perangkat keamanan semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding.
Dari materi-materi seperti inilah diharapkan muncul niatan dari para pengendara untuk membiasakan diri sendiri memberi upaya keselamatan berkendara. Semua dimulai dari diri sendiri, alangkah baiknya jika tulisan singkat ini dapat dibagi dengan rekan-rekan lain sesama pengendara.

(post ini di ambli dari beberapa sumber) SEMOGA BERMANFAAT :)

Jumat, 20 Januari 2012

SPESIFIKASI SUZUKI NEX

  • striping yang keren
  • casting wheel & cakram
  • jok rendah, jarak ke tanah 735mm
  • Desain lampu depan dan belakang yang sporty 
  • karbu throttle piston
  • Begasi berukuran 4,8 L 
MESIN
Jenis : 4-lan8kah, 1-sainder, pendingin udara
Sistem katup : SOHC,2 valVe
Diameter Langkah : mm 51,0 x 55,2
Isi silinder : cm3 113
Ratio kompresi : 9.4
Tenaga maksimum : ps/rpm 9,4/8800
Torsi Maksimum : Nm/rpm 8,7/6.500
Sistem bahan bakar : Karburator(BS22)
Sistem pengapian : CDI
Sistem starter : Elektrik dan engkoI
Transmisi : CVT/V-belt
Kapasitas tangki : L 3.5


DIMENSI
Panjang : mm 1.850
Lebar : mm 665
Tinggi : mm 1.035
Jarak sumbu : mm 1.265
Jarak pijak : mm 135
Tinggi jok : mm 735
Berat kosong : kg 87


SISTEM LISTRIK
Aki : 12V (3,0 Ah) / 10 HR
Lampu depan : watt 12V 32W/32Wx1

RANGKA
Rangka : Scooter
Suspensi Depan : Teleskopik, per ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang : Tipe lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Roda depan : 70/90 – 14 M/C 34 P
Roda belakang : 80/90 – 14 M/C 46 P
Velg : Casting Wheel